MAU BISNIS ONLINE KLIK DISINI !

Klub 

Bisnis Internet Berorientasi Action

Minggu, 01 Februari 2009

Lavasoft Antivirus Helix

Anti Virus Baru Mirip Avira, Lavasoft Anti-Virus HeliX
Antivirus Helix

Saat ini dunia antivirus bertambah marak dengan hadirnya antivirus baru, Lavasoft Antivirus Helix. Pengembangnya adalah Lavasoft (Swedia), yang lebih populer dengan produk/software anti-spyware-nya yaitu Ad-Aware. Salah satu yang unik dari antivirus ini adalah tampilannya dan menu yang mayoritas sama dengan Avira Antivir Antivirus.

Mulai dari tampilan awal, ketika scanning, konfigurasi, update dan lainnya hampir tidak ada bedanya dengan avira, kecuali logonya saja. Bahkan sampai keterangan yang ada juga demikian. Apakah Antivirus Helix = Avira ? Berikut selengkapnya.


Review di softonic dan pcmag.com menyebutkan bahwa Helix menggunakan teknologi avira ( teknik deteksi (heuristic), scan engine dan mail filter yang sama dengan Avira ).

Kemampuannya pun tidak berbeda jauh dengan Avira, yaitu sebagai berikut :

  • Advanced protection against viruses, worms, Trojans, adware, and rootkits
  • Real-time detection of cyber threats like bots, phishing attempts, and dangerous drive-by downloads
  • Superior detection rates with advanced heuristic technology
  • Detects, quarantines, and eliminates a multitude of cyber threats
  • Advanced rootkit removal technology
  • Email scanning to prevent e-mail virus attacks
  • Safe downloading and surfing with WebGuard
  • Safely isolate infected and suspicious file
  • Fast, efficient, and resource saving scanning technology
  • Easy to download, install and use

Informasi selengkapnya mengenai fitur-fiturnya bisa dilihat disini
http://www.lavasoft.com/products/lavasoft_antivirus_helix.php?t=features atau download produk datasheetnya ( PDF 283 KB).

Tidak seperti Avira yang menyediakan versi gratis untuk personal, Helix hanya menyediakan versi berbayar. Harga antivirus ini untuk 1 tahun adalah $23.95 sedangkan untuk 2 tahun sebesar $32.09. Meskipun begitu di beberapa situs seperti download.com lisensinya tertulis Free, sedang di softpedia.com tertulis Trial / Free, mungkin maksudnya gratis (test) untuk 1 bulan

Antivirus Helix = Avira ?

Setelah mencoba menginstall dan menganalisa, terdapat indikasi kuat bahwa Antivirus Helix ini dikembangkan menggunakan source code avira. Selain dari tampilan di berbagai menu yang hampir sama (screenshot), berikut beberapa indikasi lainnya :

  • Ketika mencoba menginstall antivirus ini dan di komputer saya sudah ada Antivirus Avira, muncul pesan bahwa sudah ada produk Antivirus dari Lavasoft yang di install di komputer, sehingga harus di uninstall dulu
  • Ketika proses install ada pilihan memasukkan serial (kode) atau memilih lisensi dalam file ( HBEDV.KEY ) yang sama seperti avira. Meski ketika dicoba dengan lisensi avira tidak bisa.
  • Semua file exe di folder installasi Helix ( C:\Program Files\Lavasoft\Lavasoft Anti-Virus Helix) mempunyai keterangan Company dan Copyright dari Avira GmbH. Demikian juga hampir semua library dan file-file sistem lainnya, yang menunjukkan bahwa itu milik avira.
  • Ketika mencoba update manual dengan update dari avira (ivdf), ternyata bisa dan berhasil.

Berdasarkan analisa diatas, menunjukkan bahwa Antivirus Helix sepertinya memang menggunakan kode yang sama dengan Avira Antivir, hanya sedikit berbeda logo dan namanya saja. Mungkin Avira menjual source code antivirusnya ke Lavasoft. Kita lihat saja perkembangaanya apakah Helix bisa bersaing dengan Avira.

Beberapa tampilan Lavasoft Antivirus Helix :
Antivirus Helix Scan

Antivirus Helix Detection

Antivirus Helix configuration


Jika ingin mencoba bisa download trial/free test 30 hari (21.8 MB) disini :
http://www.download.com/Lavasoft-Anti-Virus-Helix/3000-2239_4-10905614.html
http://www.softpedia.com/get/Antivirus/Lavasoft-Anti-Virus-Helix.shtml

Baca juga artikel terkait berikut :

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ada yang punya serial numbernya Lavasoft Antivirus g?