MAU BISNIS ONLINE KLIK DISINI !

Klub 

Bisnis Internet Berorientasi Action

Rabu, 04 Februari 2009

Hati-hati dengan berbagai “Antivirus Palsu”

rogue - fake antivirus

Beberapa waktu terakhir muncul banyak “Antivirus Palsu” yang bisa berbahaya jika terinstall di komputer. Jika kita sedang browsing dan tiba-tiba muncul pesan untuk menginstall program atau antvirus tertentu atau pesan bahwa komputer kita terinfeksi virus, trojan, spyware dan sejenisnya, maka harus berhati-hati, bisa-bisa komputer kita di install antivirus palsu.

Mengapa Antivirus palsu ? karena melihat tampilan dan proses kerjanya, kita akan yakin bahwa program ini benar-benar antivirus atau anti spyware, malware dan sejenisnya dan hampir tidak tampak bahwa program ini menyimpan maksud tertentu diluar tampilannya yang terkesan antivirus.

Dalam dunia Virus-Antivirus (security), program ini masuk dalam kategori Rogue Security Program, yaitu software yang mengaku men-scan/mendeteksi malware ( virus, trojan, worm, spyware dan sejenisnya) atau berbagai masalah lain di komputer, tetapi pada dasarnya berusaha menipu atau mendesak penggunanya untuk membeli program tersebut dengan cara menganggu, menampilkan pesan yang tidak benar tentang kondisi komputer, menampilkan hasil scan yang tidak benar dan sejenisnya. Terkadang aplikasi ini ter install tanpa sepengetahuan pengguna atau tanpa ijin.

Coba dilihat beberapa contoh tampilan program yang mirip antivirus berikut (image credit by sunbeltblog.blogspot.com):

Windows Antivirus

Aplikasi yang sejenis dengan ini adalah Windows Antivirus 2008, info.
Alamat website Windows-av. com

Micro Antivirus 2009

Aplikasi yang sejenis dengan ini adalah MS Antivirus, info
Alamat website Microantivirus2009. com

Antivirus Security

Aplikasi yang sejenis dengan ini adalah XP Antivirus, info
alamat website Antivirussecurity-solution. com

XP Protector 2009

yang juga merupakan clone dari Antivirus XP 2008

Total Secure 2009

Alamat website Totalsecure2009. com

AntiSpyware Pro XP

Aplikasi ini merupakan clone dari Antispyware 2008 XP

Antivirus Lab 2009

Aplikasi yang sejenis dengan ini adalah Antispycheck. Beralamat di Viruslabs2009. com

AntiVirProtect

alamat website : antivirprotect(dot)com

Jika melihat tampilan contoh-contoh diatas, mungkin tidak terpikir jika produk-produk tersebut merupakan produk yang harus diwaspadai. Masing-masing produk tersebut mempunyai tingkat atau level bahaya yang berbeda-beda.

Meski sebagian mungkin hanya menampilkan pesan agar membeli program tersebut, tetapi sebagian lainnya mempunyai tingkat bahaya yang cukup tinggi, seperti membuka celah keamanan komputer, menganggu koneksi jaringan, modifikasi file sistem, mengumpulkan informasi pribadi, menggunakan banyak resources CPU/Memory komputer dan sebagainya.

Jika di komputer terdapat salah satu program diatas atau antivirus yang belum dikenal (asing / belum terpercaya), maka sebaiknya program tersebut di uninstall. Berbagai informasi tentang software sejenis juga dapat ditemukan di alamat http://sunbeltblog.blogspot.com.

Baca juga artikel terkait berikut :

Tidak ada komentar: