MAU BISNIS ONLINE KLIK DISINI !

Klub 

Bisnis Internet Berorientasi Action

Minggu, 01 Februari 2009

Drupal Andalkan Microsoft



Perangkat lunak yang mengacu pada sistem manajemen konten ini memang dirancang sebagai software open source yang didistribusikan di bawah lisensi GPL. Pengembangan dan perawatannya pun dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Meskipun Drupal menganut paham open source, namun pendistribusiannya dilakukan oleh vendor yang menganut paham lisensi, seperti Microsoft.

Di sini Microsoft berperan sebagai distributor tunggal Drupal. Web Application Installer Beta yang dirilis Microsoft juga sangat membantu untuk mengembangkan Web AI seperti ASP.net dan PHP yang kompatibel dengan OS Windows. Termasuk Grafitti, DotNetNuke, WordPress, Drupal, OSCommerce, dan sebagainya.

Kegunaan Drupal diantaranya: untuk membangun Portal Web Komunitas, Situs Diskusi, Website Perusahaan, Aplikasi Internal, Website Personal (Blog), E-Commerce, dan Situs Jaringan Sosial.

Saat ini Drupal telah menginjak versi 6.5. Drupal sendiri ditulis dalam bahasa PHP yang dapat dijalankan pada berbagai platform OS, seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, FreeBSD dan OS lain yang mendukung server web Apache atau IIS. Dalam pengoperasiannya Drupal membutuhkan program database seperti MySQL dan PostgreSQL untuk menyimpan semua datanya. Meskipun Drupal tergolong cukup rumit untuk pengguna baru, namun dengan berbagai keunggulannya, Drupal merupakan salah satu CMS terbaik. (ipm)


Tidak ada komentar: